Minggu, 01 Januari 2012

Awal Kecelakaan Besar adalah Kecelakaan Kecil

Seringkali terjadinya Kecelakaan Besar di suatu industri diselidiki setelah kecelakaan besar tersebut terjadi dan telah meninggalkan kerugian yang luar biasa besar bagi industri tersebut. Ujung-ujungnya adalah laporan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut tanpa adanya verifikasi apakah benar penyebab tersebut yang merupakan biang keladi kecelakaan. Management merasa puas dan selesai jika laporan telah selesai dan mesin telah beroperasi kembali. Management tidak menyadari bahwa kemungkinan akan terjadi kecelakaan lagi karena akar permasalahan yang terjadi belum terselesaikan....

Menurut Heinrich Law, 1 Kecelakaan Besar disebabkan karena 29 Kecelakaan Sedang dan 29 Kecelakaan Sedang disebabkan karena 300 keadaan yang tidak SAFE atau tidak AMAN.

Nah disinilah permasalahannya. Manusia kurang menyadari dan bahkan mengabaikan 300 keadaan tidak aman tersebut. Mengapa.???... karena Manusia masih bisa SAFE dalam keadaan tidak aman tersebut sehingga tidak menganggap bahwa keadaan tersebut adalah keadaan yang tidak aman.

Terus.. bagaimana.. apakah diam saja... menunggu terjadinya Kecelakaan Besar lagi dan siap siap untuk membuat laporan kembali...... Tentu saja tidak......

Kiken Yochi Training (KYT) adalah salah cara bagaimana meningkatkan kepekaan kita terhadap bahaya yang akan muncul di sekitar kita. Jadi kita sudah memprediksikan keadaan mana saja yang akan menyebabkan bahaya di kemudian hari. Dengan adanya prediksi tersebut maka kita akan dapat melakukan tindak lanjut penanganannya dan angka 300 tersebut tidak akan tercapai dan hasil akhirnya Kecelakaan Besar tidak akan terjadi....

KYT bukannya tools / alat yang instant, tetapi merupakan metode yang dapat melatih kepekaan kita terhadap bahaya yang ada di sekitar kita.
Dengan meluangkan waktu tidak lebih dari 10 menit 1 kali 1 minggu pada saat briefing harian .... kita dapat dengan sederhana mencegah Kecelakaan Besar.

Berikut ini adalah step by step bagaimana kita menjalankan KYT.....


Temukan metode-metode dalam implementasi lain dari pencegahan bahaya di http://indroagunghandoko.blogspot.com/p/hazard-identification-and-kyt.html